Tahukah Kamu Apa Itu Hand Hygiene??

Simak video berikut untuk langkah mencuci tangan :

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hand hygiene ini, mari kita simak dialog berikut

H    :       Apa sih Hand Hygiene itu dan apa tujuannya secara umum?

Y     :       Defini Hand Hygiene itu sendiri adalah suatu prosedur tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan air mengalir dengan sabun antiseptik (Hand Wash) jika tangan terlihat kotor (Lamanya 40-60 detik) atau handrub berbasis alkohol dengan klorheksidin jika tangan tidak terlihat kotor (Lamanya 20-30 detik).

Tujuannya yaitu :

Menghilangkan kotoran dari kulit secara mekanis dan mengurangi jumlah mikroorganisme sementara.

Yang perlu kita  ketahui bahwa tangan kita terdiri dari 2 kuman yaitu:

  1. Residen flora yang merupakan flora normal, 10 – 20% berada disela kulit dan sulit dihilangkan. Hidupnya terbesar di kuku dan garis tangan, bisa menyebabkan infeksi bila masuk kedalam tubuh melalui tindakan invasif.
  2. Transien kuman merupakan kuman yang berasal dari lingkungan dan tahan hidup selama 24 jam, hidup disekitar kuku, dan merupakan penyebab terjadinya HAIs. Akan tetapi kuman ini bisa dihilangkan dengan melakukan cuci tangan secara benar, yaitu dengan 6 langkah cuci tangan yang benar.

H    :       Siapa saja yang wajib melakukan kebersihan tangan/Hand hygiene ini dan mengapa penting melakukannya?

Y     :       Setiap orang yang mempunyai tangan, wajib melakukan kebersihan tangan. Bila di rumah tentunya  seluruh anggota keluarga,  contohnya cuci tangan sebelum makan, setelah selesai BAB/BAK, setelah mengganti popok, dan lain-lain.

Bila di RS : setiap orang yang kontak dengan pasien, yang secara langsung seperti: keluarga pasien, dokter, perawat, ahli fisioterapi dan petugas kesehatan lainnya. Yang tidak secara langsung berhubungan dengan pasien misalnya ahli gizi, farmasi, teknisi dan lainnya, setiap orang yang bekerja di rumah sakit,  setiap personil yang ada berkontribusi dengan prosedur pasien.

Untuk di RS kapan saatnya Cuci tangan yaitu : 5 Moment cuci tangan

“ FIVE MOMENTS” 2 sebelum dan 3 sesudah yaitu :

  1. Sebelum kontak dengan pasien
  2. Sebelum melakukan tindakan aseptik
  3. Sesudah terkena cairan tubuh pasien
  4. Sesudah kontak dengan pasien
  5. Sesudah kontak dengan lingkungan pasien

Mengapa Cuci tangan itu penting : karena tangan merupakan media transmisi patogen tersering di Rumah Sakit. Perlu anda ketahui juga bahwa kebersihan tangan saat ini merupakan indikator kualitas patient safety, karena kegagalan dalam melakukan cuci tangan merupakan penyebab utama infeksi nosokomial, penyebaran mikroorganisme multi resisten di fasilitas pelayanan kesehatan dan merupakan kontributor terhadap timbulnya wabah. Hal tersebut disebabkan rendahnya kesadaran akan kebersihan tangan. Banyak yang menyepelekan hand hygiene dalam melakukan aktivitas di lingkungan rumah sakit padahal hand hygiene telah terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab penyakit melalui tangan.

Tags ;

Tidak ada Komentar